Wednesday 1 June 2016

KAMU Adalah CERITA


KAMU Adalah CERITA
(mitasarii)

Hidup memang penuh cerita, begitulah kata segelintir orang menyimpan kenangannya. Dibalik cerita pasti ada kesan, dibalik kesan pasti ada makna, dibalik makna pasti ada pesan, dibalik pesan pasti ada pelajaran yang menuntun kearah perbaikan. Begitulah kiranya siklus perjalanan hidup yang penuh cerita ini.
Mengenal seseorang yang dinanti bagaikan menyimpan sebongkah berlian yang sayang untuk ditunjukkan kepada orang lain, rasanya ingin menyimpannya sendri dengan mengelus-elusnya setiap saat. Rasanya ingin menahan detikan waktu yang tertempel di dinding itu, begitu berharganya kebersamaan ketika dirasakan dengannya.
Kini aku mengenal sosok seorang wanita yang lama sekali kunanti kehadirannya sejak aku melihatnya itu. Ya dia adik kelasku ketika aku duduk di bangku SMA. Sekrang aku sudah berpetualang kembali dengan menikmati dunia pendidikan dijenjang yang lebih tinggi.
Black Barry Masseger (BBM) media sosial yang digariskan untuk memperkenalkanku dengannya. Dengan sejuta kesibukkanku dalam kuliahku, aku selalu menyempatkan waktu untuk terus memperkenalkan diriku padanya. Kuringankan jariku untuk terus mengetik pesan yang berisi perhatian dan pertanyaan yang mungkin basi bagi orang pacaran.
Namaku Fazri, dan seorang cewek yang aku maksud adalah “Sari”, iya Sari. adik kelasku yang selalu mencuri pandanganku ketika kami berpapasan di sekolah. Begitu kuatnya diri ini ingin mengenalnya, tapi apa daya, tak ada nyali untuk mengulurkan tangan ketika kami berpapasan. Jangankan mengulurkan tangan, mengeluarkan sehuruf untuk menyapanya saja sangat kaku. ”Aduh cowok macam apa sih aku ini”.
Sifatku yang pendiam disekolah selalu menjadi benteng diriku untuk membatasi perkenalan dengan seoarng cewek. Selalu merasa tak pantas untuk mengenal seoarng cewek dalam dunia sekolah, entah mengapa selalu ada pengarah dalam diri ini untuk membedakan perasaan dengan pelajaran. Padahal bila dirasa-rasa perasaan itu bisa muncul dimana saja, tanpa mengenal tempat.
“Selalu ada jalan kalo memang takdir untuk di perkenalkan” iya itu kata mutiaraku sendiri yang aku selalu simpan dan ku ingat kembali ketika hati ini sudah lelah mengagumi seseorang yang ingin dikenalnya, karena sejatinya masa sekarang ini adalah masa menata masa depan, masa belajar dari segala hal, dari hal kecil sampai hal yang beresiko kegagalan, itulah sejatinya masa muda. Tak dapat dipungkiri, sepinya hati dalam sebuah perjalanan menata masa depan selalu menuntut untuk mengenal lawan jenis, tanpa maksud lain, hanya ingin belajar menganal dan mencari yang terbaik tanpa rasa iba untuk memperbaiki diri sendiri pula. Karena Allah juga menjanjikan pasangan baik dengan syarat kitanyan baik. ya hidup juga perlu banyak perinsip karena arah terbaik masa depan adalah berpegang pada prinsip yang benar tanpa lupa berikhtiar dan berdo’a.
Sekarng kuliahku di semester 2, akhir-akhir ini aku sering banget cahatingan sama Sari adik kelasku itu, rasa senang selalu hadir ketika bunyi BBM bernada dan dilihatnya balasan dari Sari, begitu lihaynya jari bergoyang-goyang diatasa layar handpone, Sari juga sekalian menanya-nanyakan tentang Universitas yang sekarang ini aku jajaki. Sari ada niatan untuk melanjutkan di Universitas yang sama denganku. “Hehehe makin senang aja hati ini”. Sari tidak seberuntung aku bisa dengan mudahnya masuk di Universitas ini dengan jalur undangan, itulah teka-teki Allah, seorang hamba hanya bisa mengikuti sekenarionya dengan terus berusaha melakuakan yang terbaik. Sekarang ini Sari mengikuti jalur tes dengan tekad positif dan keyakinan penuh masuk Universitas yang diminatinya ini.
Perkenalan kami di BBM bermula dari salah seorang sahabatku yang sekarang ini sama sedang menjajaki dunia pendidikan dijenjang yang lebih tinggi. Sari terlebih dahulu mengenal Ahmad dibanding aku yang sejak dari SMA ingin mengenal Sari. Ahmad juga merupakan kakak kelas Sari yang seangkatan denganku, nasib baik kami sama diterima dengan jalur undangan di Universitas yang sama.
Malam itu di kamar kostan kulihat Ahmad dengan muka berbinar-binar sekan senang tak ada duanya.
”Woy, kayanya lagi seneng ni ? sapaku pada Ahmad.
Ahmad : “Oh iya dong Bro...”
Aku : Cie siapa sih yang bikin sahabatku seneng begini ?
Ahmad : “Wah kepo ni, eh Faz lu kenal Sari ngga ?
Aku : “Sari ? adik kelas kita di SMA itu ?
Ahmad : “Yess, tepat sekali.”
Aku : “Wah kenapa lu sob nanyain dia ?”
Ahmad : “Gua lagi chattan sma dia ni di BBM.”
Aku : “Ah yang bener lu ? kok bisa kenal ?”
Ahmad : “Ya namnaya juga BBM, tadi ada yang promot dia, gua invite aja sob.”
Aku : “udah berapa lama lu chattan sama dia ?”
Ahmad : “berapa hari ya...? baru juga seminggu. Emang lu kenal sama Sari ?”
Aku : “Kenal sih, Cuma dianya yang gak kenal gua sob ?”
Ahmad : “Wah kasian banget ya jadi lu, hahaha.”
Aku : “Sialan lu, ketawa diatas penderitaan temen itu namanya. Ya udah  sob lanjutkan saja perkenalanmu. Janagan maiani cewek mulu.”
Ahmad : “Okelah sob, makasih banyak atas dukungannya.”
Aku : “Siplah, gua dukung kalo itu baik buat lu, asalkan jangan dibuat maianan aja lu awas ?”
Ahmad : “Wih, galak amat bos. Baiklah santai saja.”
Ketika Akhmad bercerita tentang keasikan chattingannya dengan Sari, sedikit merasa kaget juga, kok bisa Ahmad dekat dengan Sari ? Adik kelas yang bermuka imut itu, lontaran pujian yang biasa disebutkan sahabat-sahabat dekatku di SMA. Memang iya mukanya yang imut menjadi tarik tersendri bagi setiap cowok. Maka dari itulah sebuah keberuntungan menurutku jika bisa berkenalan dengannya.
Dua minggu kemarin aku masih melihat Ahmad teleponan dengan Sari, tapi entah kenapa ko kayanya sepi lagi ni Ahmad ? kenapa ya ? jangan terlalu ikut campur ah, mendingan ngerjain tugas. Selang beberapa menit ketika aku sedang asyik mengerjakan tugas, datang Ahmad dengan tangan yang tak pernah lepas sama handponenya.
Ahmad : “Lagi ngapain Sob ?”
Aku : "lagi olahrga !”
Ahmad : “Ah ngaco aja ni ? makanya punya pacar biar gak ngaco belajarnya.”
Aku : “Lagian udah tau gua lagi didepan laptop.”
Ahmad : “Sewot aja, hehehe. Faz gua lagi bingung ni ?”
Aku : “Bingung kenapa sih ? kemarin lu happy-happy aja chattan sama Sari ?”
Ahmad : “Nah, justru itu masalahnya sob, gak negrti nih sama hati ?”
Aku : “Maksud lu gak ngerti gimna ? lu gak bersyukur ni jadi orang, udah deket sama yang cantik juga.”
Ahmad : “Hati gua tiba-tiba jadi gak srek gini ya buat kenal jauh sama Sari ?”
Aku : “Wah gimana sih, lu makanya jangan ngedeketin kalo setengah-setengah.”
Ahmad : “Ya gimana lagi udah terlanjur sob, trus gua sekarang harus gimana ni ?”
Aku : “Saran gua, lu sekarng lanjutin aja, siapa tau hati lu lagi bimbang sesaat daong. Kasian ih dia lagi mau UN, lu harus kasih semangat.”
Ahmad : “Iya bener, coba gua jalani dulu aja ya ?”
Aku : “Sip...., kalo lu nyakitin dia gua rebut ni, hahaha.”
Ahmad : “Ahahaha so banget lu, udah lanju
c tin belajarnya. Sorry gua ganggu, makasih atas sarannya sob.”
Hanya beberapa menit saja Ahmad mampir dikamarku, dia sudah beranjak lagi ke kamarnya. “Aneh si Ahmad, orang mah ingin kenal sama Sari, ini yang udah kenal deket malah di sia-siain, gak adil ni.” Dengan jari yang terus menari-nari di papan keyboard laptop, hati ini terus menggerutuk. Ya sudahlah jalan orang berbeda-beda, prinsip hidup orang berbeda-beda.
Langit sudah mulai menguning ke oren-orenan, aku yang hendak ke kamar mandi ditegor Ahmad.
Ahmad : “Faz...”
Aku : “What....? Aya naon ?”
Ahmad : “Sini dulu bentar, ada yang mau gua rapatkan ?”
Aku : “Gayanya, ceritanya anggota DPR ye rapat. Hahaha.”
Ahmad : “Udah sini.”
Aku : “Apa sih serius amat ? Sari lagi ni pasti ?”
Ahmad : “Iya, gimna nih, gua gak bisa lanjutin ni kayanya, gua mau biasa aja sama Sari ?”
Aku : “Wah parah lu, dia kan mau UN.......? gua liat kayanya dia udah berharap banget sama lu ?”
Ahmad : “Iya lu bener, gua rasain juga begitu.”
Aku : “Beneran nih lu mau biasa aja sama dia ? gak bakalan nyesel ?”
Ahmad : “Iya kayanya, gua keinget mantan gua mulu kalo deket sama cewe lain ?”
Aku : “Huh, ya udah sini gua minta pinnya ?”
Ahmad : “Buat apa lu ?”
Aku : “Gua pengen kenalan aja.”
Ahmad : “Bener ya, nih gua kasih, asal beneran lu kenalannya, jangan stengah-setengah juga.”
Aku : “Iya, gua mah gak parah kaya lu kali. tapi bilang dulu dong sama orangnya.”
Ahmad : “Iya nanti gua bilang, gua kirim lewat kontak BBM ya.”
Aku : “Oke sip, jangan lupa bilang lu, ntar malu-maluin gua aja.”
Ahmad : “Iya bawel, udah mandi sana.”
Badan sudah segar, kewajiban menghadap sang pencipta sudah dilaksanakan, hati sudah merasa tenang, hari itu sehabis magrib. Badan sudah segar, dengan terus mengeringkan rambut ku pegang handpone dan di bukanya BBM, iya bener Ahmad sudah mengirim kontak Sari. “benar parah tuh anak, bisa seikhlas gitu.” Dengan rasa yakin ingin mengenal sari, di invitlah kontaknnya. Selang beberapa menit, Sari sudah Acc. Dengam santai aku tidak terburu-buru untuk menyapa Sari duluan di BBM, sejenak hanya ku perhatikan PM-PM di BBM Sari, iya bener kelihatanya dia galau oleh sikap sahabatku Ahmad.
Bissmillah, aku coba chat duluan.
Aku : “Assalamu’alaikum ? Sari ya ? ini kk temennya ka Ahmad, yang kemarin coment di fb itu ?” sebelumnya memang aku pernah coment status Sari di facebook.
Sari : “Wa’alaikum salam ?” oh iya ka.”
yess..., dengan cepatnya Sari membalas BBMku. Tanpa berpikir panjang ku lanjutkan lagi, tapi balas apa lagi ya...? ah basa-basi aja dulu baru ntar pancing-pancing tentang perasaannya sama Ahmad.
Aku : “Oh ya ganggu ngga ni ?”
Sari : “Ngga ko ka.”
Aku : “Oh ya gak lagi chatan sama ka Ahmad emang ?”
Sari : “Ngga ka”
Aku : “Oh ko ngga, kenapa ? akhir-akhir ini kk perhatiin udah jarang contekan ya ? biasanya kan telefonan tuh ?”
Sari : “Hehe iya ka, gak tau tuh ka Ahmad-nya sekrang aga beda ?”
Aku : “Wah kenapa ya ? ya sabar ya ! mungkin ka Ahmad lagi banyak tugas kuliah ?”
Sari : “Oh iya ka semoga aja begitu.”
“Sepertinya iya Sari udah mulai punya perasaan sama Ahmad, gimana ya ? kasian juga dia, mau UN masa mikirin yang ngga-ngga ? pokoknya aku harus bantu dia biar ngga galau, ya walaupun seneng juga sih kalo bisa deket. Tapi itu hanya bonus, yang penting bagaimana caranya biar dia gak galau lagi, aku harus hibur dia, siapa tau dengan perhatian yang ada dia bisa terhibur ?” jangan mikirin perasaan dulu deh, belum tentu juga dia suka, apalagi dia belum tau aku ?”
Embun pagi telah berbutir pada daun bunga dihalaman kostanku, sebuah petanda juga bahwa aku harus memberikan semangat pagi untuk Sari, ya walaupun hanya lewat BBM, tapi aku rasa itu sebuah hal yang berharga ketiika hendak mengejar asa pada sebuah cinta-cita yang bertumpu dibangku sekolah. Sebenernya yang diharapkan memberikan semangat itu bukan aku tapi Ahamad, apa salahnya mencoba hal kecil yang mungkin sedikit tak berarti bagi orang yang tak mengaharapkannya. Karena Aku sendiri yakin keikhlasan hati itu tidak bisa dirasakan dengan sekejap saja, dengan sekilas perasaan. Keikhlasan hati orang yanng tak diharapkan akan terasa jika dia berada diasaat yang tepat.
Sekarngn bulan April. Iya kelas XII dibangku SMA akan segera melaksanakan Ujian Nasional (UN). Ketika aku merasakan hal tegang seperti ini, aku paham betul bahwa situasi seperti ini, tidak mau ada hal yang menggangu pikiran. Apalagi soal asmara, yang kadang hanya menambah-nambah pikiran saja. Maka dari itu aku coba masuk memberanikan diri untuk memberi semangat pada Sari. Seomoga dia tidak merasa terganggu dengan sapaanku dipagi hari yang tak lain hanyalah ingin memberikan sebuah sarapan semangat untuknya. Suka sama seseorang itu wajar, manusiawi. Begitupula Sari pada Ahmad, tapi apa yang dirasa pada situasi seperti ini, sangat krusial sekali. Jatuh cinta disaat yang hati sendiri minta ketenangan, bukan beban terhadap orang yang disukai tapi tidak begitu menanggapi.
Yapp, seiring beputarnya jarum jam yang memaksa Hari untuk terus berganti. Aku sedikit merasa lega, karena kehadiranku sepertinya tidak begitu ditolak Sari. Sepertinya dia sudah merasa ada ganti dari seorang yang diharapkannya, ganti disini dalam artian menggantikan waktu luang yang biasa disempatkan Ahmad untuk chatan sama Sari, semoga saja begitu, walaupun yang aku harapkan bukan seperti itu, setelah semuanya pulih seperti semula Sari bisa lagi kembali pada perasaan utuhnya pada Ahmad. Karena tugasku untuk sekarang ini bukanlah menggantikan posisi Ahmad seutuhnya. Tapi target utamaku adalah, bagaimana caranya Sari mendapatkan semangat untuk mengahadapi Ujian Nasional-nya.
Seribu kesibukan di kampus dengan tumpukan tugas yang ada seakan aku pegang dengan tengan sebelah, karena tangan kananku khusus untuk membalas dan menyapa Sari di BBM. Asstagfirullah..., entah kenapa aku malah lebih nyaman dnegan handponeku dbanding tugas-tugas dan amanahku diorganisasi kampus. Walaupun hanya dengan sebuah chatan di BBM. Tapi aku meras sudah ada kedekatan yang dirasakan lain oleh kami berdua, aku sudah mulai asyik dan sedikit nyaman ketika chatan dengan Sari. Entah apa aku akan sekonsisten targetku diawal yang hanya ingin menyemangati Sari pada saat Ujian Nasional ? entahlah sepertinya semuanya sudah lain jalan ceriita, Sari juga sudah mulai terbiasa memberikan semangat padaku. Jadinya seperti apa ? untuk sekarang aku hanya bisa menjalaninya saja.
Sudah ada niatan untuk mengahiri perkenalan dengan Sari, tapi ? iya sari pernah bilang kalo dia akan ikut SBMPTN untuk jalur masuk pada perguruan tinggi yang diminatinya ini. Dan tes untuk SBMnya dia mengambil daerah di ibu kota jakarta, sesuatu yang menajdi pertimbangan kembali bagiku. “Masa iya aku mau ngelepas perkenalan ini begitu saja, walaupun target awalnya bukan masalah hati ? tapi kan ? tidak-tidak, jangan sekarang, Sari masih butuh support untuk kelanjutan pendidikannya, dan untuk sekarang ini aku yang harus banyak membantu dia, memberikan support padanya”.
Hampir satu bulan lebih kami berkenalan sampai akhirnya sudah mulai terbiasa memanjakan diri masing-masing pada saat chatan. Mungkin ini takdir jalan cerita hidup, besok hari kami akan bertemu untuk survei ke SMAN 47 yang bertempat di Jakarta Selatan, bingung dan aneh rasanya, pertama kali ketemu lagsung mau ngenatar Sari untuk survei, memang sebelunya aku duluan yang telah survei ke SMAN 47 tersebut. Tapi kan ? yasudahlah selama niatku baik, insyaallah baik-baik aja.
Pagi itu di hari kamis mataku sudah melek dan badan sudah segar, karena sebelum menepati janjiku untuk menemui Sari di Stasiun Tanah Abang, aku harus menyelesaikan ujian lisanku di kampus, pagi itu semangat sekali untuk pergi ke kampus, agar semuanya cepat kelar, dan aku bisa segera pergi ke stasiun untuk menemui Sari disana. Pukul 09.30 aku masih dikampus, ya ampun udah ditunggu ni, tapi baru kelar ? tanpa berpikir panjang lagi kaki ini langsung melangkah ke halte Busway. Ketika di dalam busway baru inget kalo uang didompet hanya ada 50 rb. Karena buru-buru gak sempet ngambil di ATM kampus. Dan rencana hendak mengambil di ATM stasiun Manggarai saja, “Perasaan ATM manggarai jarang bener ya ?” sempet bertanya dalam hati, tapi coba aja dulu, karena kadang-kadang bisa juga. Sesampainya di stasiun aku langsung ke loket karcis, masuk stasiun tak ada yang dituju selain ATM. Dan iya bener perasaan khawatir tadi, ketika tombol pengambilan ditekan dengan jumlah sekian, strip pengambilan keluar dan uangnya tidak. Ya Allah, mana jatah ATM ini pengambilannya hanya satu kali ? Langsung lemes, bingung, mikir dulu distasiun ? gimana ya ? masa iya bawa uang yang ada ? tapi udah ditunggu ? ya ampun......, bissmillah temui aja dulu, gimana nanti siapa tau ATM disana bisa.
Suara khas kreta menemani perjalananku ke Stasiun Tanah Abang. Disana Sari sudah menunggu. Hanya menghabiskan waktu 15 menit utuk sampai Tanah Abang, Sari makin didepan mata, rasanya pengen senyum lepas dulu dengan alur cerita hidup ini, tadinya hanya kenal di media sosial, kini orangnya akan berhadapan di depan mata. Bissmillah, aku melangkah ke lantai atas Stasiun, Sari tadi BBM bahwa dia menungguku diatas sana. Sesampainya dilantai atas, kulihat-lihat dulu sekitar, sudah semunya terpantau oleh penglihatan, mataku terfokus pada salah satu sudut, kayanya itu Sari ? tanpa ragu Aku melangkah ke arahnya.
Aku : Assalamu’alaikum ? Hey... “Sambil melontarkan senyum”
Sari : Wa’alikum salam. Iya ka.
“Kami seperti orang kaku, hanya bisa senyum-senyum gak jelas.” Kerena waktu sudah dzuhur juga, Sari menyuruhku untuk melaksanakan sholat dzuhur dulu.
Sari : Ka ? Belum sholat dzuhur kan ?
Aku : Iya belum.
Sari : Sholat dulu ya ?
Aku : Ya udah iya, kaka sholat dulu ya.
Segera melangkah ke mushola, Sari tidak ikut sholat karena lagi halangan. Dia hanya menunggu ditempat tadi dia menungguku.
Jarum jam sudah terarah pada angka 12.30.kami segera keluar setasiun untuk masuk kembali dengan karcis baru dan tujun baru, tujuan kami adalah stasiun Kebayoran, karena pas aku survei sendiri SMAN 47 tidak jauh dari stasiun Kebayoran, makan tujuan kami adalah Stasiun Kebayoran. Perjalanan kami dikereta banyak diisi candaan. “Langsung klop aja ya, kaya udah kenal alama aja” hati bertnya sekan aneh, padahal hati juga menikmati setiap detikan waktu ketika dihadapannya.
Tak terasa sudah sampai stasiun Kebayoran, kami segera turun dan keluar stasiun. Dengan terus berbicara-berbicara kecil. Kami melangkah ke arah jalan raya untuk bertanya dan mencari kendaraan yang bisa menghantarkan kami ke SMAN 47. Setelah bertanya sana-sini, ternyata ada Angkot yang berhenti tepat di depan SMAN 47, tanpa banyak bertanya lagi, kami langsung naik angkot yang ditunjukan sebagian orang yang kami tanya.
Inilah SMA yang ditakdirkan menjadi sebuah alasan dimana aku bisa menemuinya, sekaligus memperkenalkan kami dalam dunia nyata. Kami sudah berdiri di depan SMAN 47, karena tidak tau arah meski kemana menanyakan tempat untuk tes SBMPTN nanti, tidak ada salahnya menanyakan pada si bapak satpam penjaga sekolah yang berkumis tebal itu.
Aku : Asslamu’alikum ? pak mau tanya tempat untuk SBMPTN nanti dimana ya ?
Bapak Satpam : Wa’alikum salam ? oh untuk tes SBM bukan sekarang bisa survei ruangannya, nanti satu hari sebelum hari H-nya.
Aku : Oh gitu ! ya udah makasih pak ?
Tak ingin melewatkan kesempatan yang ada, kami pun masuk kedalam dan melihat-lihat keadaan sekolah yang ada. Tak lama kami didalam. Kami langsung keluar untuk mencari warung nasi. Tidak jauh dari SMAN 47 ada warung nasi yang kami pilih untuk makan siang, tempatnya sedikit asyik dan nyaman. Sambil menikmati makan siang yang ada, kami tersus membicarakan satu hal ke hah yang lainnya tentang diri kami masing-masing, semuanya mengalir dengan sendirinya tanpa ada kecanggungan, seakan sudah terbiasa bertemu. Asik, nyaman untuk saling bertukar cerita.
Hari sudah semakin sore, kami segera beranjak untuk pulang, dengan perjalanan yang kami nikmati lelah yang tak dirasa, hari ini menjadi cerita. Pertemuan pertama dengan banyak kesan baik dan pelajaran berharga dari setiap cerita yang ada.
Semuanya semakin berjalan mengikuti alunan perasaan yang ada, kini kami sudah saling mengenal dengan tatap muka yang terasa singkat. Aku dan Sari sudah berencana akan bertemu lagi pada hari dimana Sari akan tes SBMPTN. Mengenalnya dalam dunia nyata semakin menarik diri untuk lebih jauh mengenalnya. Cerita orang yang pernah Aku dengar tentangnya banyak kesalahan, ternyata mengenal orang itu tidak harus bertanya pada orang lain tentangnya, karena pribadi orang itu tidak hanya bisa dilihat saja tapi dirasakan juga.
Kicauan burung-burung mungil itu sudah menyambut hari yang ku tunggu-tunggu. Hari ini adalah hari selasa, hari dimana aku harus bersiap untuk menemani Sari tes SBMPTN. Cuaca pagi ini begitu bersahabat, Aku masih bersiap-siap diruangan kotak yang berhias lemari saja dan gantungan baju-baju. Semua teman dikostanku masih menikmati tidurnya. Aku sudah rapih untuk pergi ke halte Busway Sari sudah dijalan dan sekarang menungguku di Stasiun Manggarai. Hampir setengah jam berdiri di Halte, menunggu Basway, jarum jam sudah memaksa matahari untuk menampakan sinarnya, hari makin siang, aku masih di halte. Trans Jakarta itu bulum juga menampakan warna khasnya, yang bila orang dihalte melihat begitu senang, karena petanda penumpang akan segera terangkut. Tanpa lama berpikir, ku ambil handpone dan BBM sahabat karibku yang kiranya bisa menghantarkan aku ke Stasiun. Tidak harus menunggu lama BBM langsung berbunyi, untung sahabat karibku siap untuk mengantarku.
Trik matahari sudah mulai menyilaukan mata, Sari kelamaan menungguku, akhirnya antisipasi biar Sari tidak telat untuk tes, Aku menyuruh Sari utuk duluan ke SMAN 47. Karena aku masih dijalan baru mau ke Stasiun Manggarai. Dengan kebiasaan kota jakarta yang dipadati kendaraan, sahabatku terus melajukan sepeda motornya, untung ada sahabat baik seperti dia yang siap siaga untuk diminta bantuan.
Tepat pukul 08.00 wib, Aku sampai di Stasiun Manggarai, dengan semangat yang ada aku langsung menuju loket karcis, masuk stasiun petanda baik dalam sebuah perjalanan, kereta menuju Tanah Abang sudah siap untuk melaju, tepat sekali. Dengan hati sedikit gelisah kereta terasa lambat, merasa tidak enak sama Sari, aku selalu membuat dia menunggu. ini juga pensil dan penghapus yang Sari minta gimana kalo nanti telat ? mudah-mudahan dia bawa cadangan.
“Tanah Abang” tulisan di dinding itu, sudah stasiun Tanah Abang, sudah saatnya ganti arah kereta. “Tong” bunyi khas BBM. Tak lain BBM itu dari Sari, “Sari sudah di SMAN 47”. Sedikit lega karena dia tidak terlambat utuk tes. Aku segera menyusul. Lagi-lagi perjalanan sedang berpihak, kereta menuju stasiun Kebayoran sudah siap berangkat. “Semoga tidak terlambat biar pensil dan penghapus ini bisa berguna”.
Pukul 08.30 memang jadwal macet-macetnya jakarta. Lagi-lagi angkot yang ke arah SMAN 47 terhambat macet. Hanya bisa pasrah kalo jakarta sudah bertumpuk kendaraan. “Alhamdulillah,  macet tidak terlalu lama, jalanan mulai longgar kembali, sebentar lagi aku sampai di SMAN 47.” Dan Sari sebentar lagi masuk keruangannya untuk persiapan tes.
Hupp....Akhirnya sampai juga, sedikit ambil nafas lega, kuliahat Sari sedang duduk di pinggir ruang jaga satpam, Aku langsung masuk menghampirinya.
Hey...!
Sari : Hey, ka ? kamu udah sarapan belum ?
Aku : Udah ko, lanjutin aja sarapannya. Gak terlambat kan ?
Sari : hehe ngga ko, makasih ya, udah mau nemenin. Sebentar lagi aku masuk ka, kaka mau nunggu dimana ?
Aku : Kaka menunggu disini aja.
Sari : ya udah tas Aku dititip ke kaka aja ya.
Aku : Boleh, ya udah buruan masuk ntar telat. Oh iya ini pensil sama penghapusnya.
Sari : Oh iya, makasih ya. Ya udah ka. Aku masuk dulu ya. nanti aku keluar untuk istirahat dan ISOMA.
Aku : Iya, semangat. jangan lupa berdo’a sebelum mulai tes.
Sari : Iya ka.
Sari sudah masuk, aku menunggu di luar dipinggir ruang jaga satpam dengan berteman tas milik Sari. Sedang asyik memainkan hendpone, tiba-tiba ada bapak-bapak menghampiri.
“Lagi nunggu siapa Mas ?” Bapak itu menyapaku.
Aku : Lagi nunggu adik kelas pak. Bapak nunggu anak bapak ya ?
Si Bapak : Oh gitu, iya saya nunggu anak saya.
Sedang asyik berbincang dengan si bapak-bapak ini, datang seorang bapak-bapak lagi.  nasibnya sama sedang menunggu anaknya tes. Mungkin karena aku masih muda, akhirnya si bapak yang tadi ngobrol denganku berganti teman bicara dengan si bapak yang baru dateng. “hupp nasib amat dicuekin, biarlah dia pada ngobrol sesama tua ini, hihi...”
“Handpone lowbat lagi, tadi Sari bilang ada power bang. “Maaf ya tasnya dibuka” ini hondpone Sari ? bukannya tadi di bawa, mungkin dia bawa dua handpone ? power bangnya mana ya ? kok gak ada ? sambil nyari-nyari power beng, sedikit penasaran juga sama isi handpone Sari, dengan godaan syetan, dibuka-buka isi pesan yang ada di handpone Sari. “Mmmmm, dia masih suka kontekan sama mantannya, ya udah cukup tau aja, gak baik terlalu mengungkit pribadi orang.” Disimpan lagi handpone itu.
Teng....teng.... bell sudah berbunyi, tanda istirahat buat peserta SBM. Aku masih setia menunggu ditempat, Sari mana ya ? ko belum keluar juga ? sedikit lama menunggu.
“Hey ka.”
Aku : Baru selesai, kok telat keluarnya ?
Sari : iya baru selesai, maaf ya lama nunggu.
Aku : Iya gak papa.
Sari : Kaka udah makan belum ?
Aku : Udah tadi.
Sari : bener ?
Aku : Iya bener.
Sari : Udah dzuhhur, sholat dulu yuk, di dalam ada mesjid.
Aku : Ya udah yuk.
Selepas solat aku termenung sejenak, “Ya Allah kau tuntun hamba pada tempat ini, ini rahasia ceritamu. Jadikan hamba orang yang senantiasa ikhlas terhadap segala sesuatu”. Sehabis ini Sari masih harus bertempur denger soal-soal SBM. Sebelum Sari masuk kembali untuk melanjutkan tesnya, kami duduk-duduk sebentar di selasar sekolah. Aku sedikit menceritakan tentang isi pesan di handpone yang dia tinggalkan. Sari coba menjelaskan, tapi aku tak mau terlalu membahas itu, sehabis ini Sari masih harus tes, jadi tidak harus aku menggangu konsentrasinya.
Bell masuk sudah berbunyi, memisahkan candaan-candaan kecil kami yang sedang asyik mengisi waktu istirahat. Sari sudah melangkah ke ruangan tesnya. Aku pun menunggu di tempat biasa. Wah rintik hujan tiba-tiba turun, aku berlari ke mesjid untuk berteduh, ternyata di mesjid sudah banyak ibu-ibu dan bapak-bapak yang sedang menikmati istirahatnya sambil menunggu anak-anaknya kelar tes, dengan sedikit rambut kuyub, aku masuk kedalam mesjid. Di selasar mesjid aku berdiam, menyaksikan butiran-butiran air yang jatuh seakan berlomba untuk cepat sampai ke bumi, “hujan...., engkau jadi saksi bisu ketika aku merindukannya nanti, karena aku tau hidup ini takkan berpihak pada satu tempat, bisa saja aku dan dia hanyalah sebgai cerita sejenak, buka cerita sesunggunya.”
Masih 14.00 berarti setengah jam lagi, dari pada melamun gak karuan mending ngerjain tugas. Kubuka notebook yang selalu setia mengawali kepergianku. Lumayan sedikit waktu terisi dengan tidak sia-sia kalo tugas sudah mulai rampung.
Teng...teng.... Alhamdulillah, bell sudah berbunyi, petanda sejati bahwa semuanya sudah selesai. Aku segera bersiap-siap untuk menemui Sari.
“Hey.... gimana tadi tesnya lancar ?”
Sari : Hupp..., Alhamdulillah, tapi ada juga yang gak di isi.
Aku : Kok gitu ?
Sari : Abisnya banyak yang ragu ka. Dari pada ngurangi nilai.
Aku : Mmmm, ya udah deh. Mau kemana lagi ? masih ada keperluan ngga ?
Sari : Udah beres ko, pulang aja yuk.
Aku : Ya udah ayo, takut kamu juga kesorean.
Sudah mulai sore, sambil menunggu angkot rintik hujan masih berjatuhan. Angkot dan hujan seakan menahan kami. Sekan tak ingin melewatkan setiap detikan waktu, kami hiasi dengan candaan-candan. Aku yang selalu iseng membuat gombalan gak jelas. Perjalanan lelah kami tak pernah sepi, kami sekan enggan untuk menampakan lelah, karena aku sendiri selalu menikmati setiap hal ketika bersamanya.
Sampai stasiun Manggarai, Stasiun yang akan membatasi hari ini untuk kebersamaan kami, sebelum kami pulang pada tempat masing-masing, Sari mengajakku untuk melaksanakan sholat Ashar dulu, di pojok stasiun sana ada mushola, kami segera bergegas menuju moshola mungil itu, mushola itu sudah sepi dari orang yang melaksanakan sholat Asar, mungkin karena waktunya juga sudah terlalu sore. Kami segera melaksanakan sholat Asar berjamaah.
Dirasa tanggung untuk meninggalkan mushola karena sebentar lagi masuk waktu magrib. Sambil menunggu waktu magrib, Sari membuka kembali soal yang tadi menjadi tantanngannya pada saat tes. Dengan pengetahuan yanng ada kami mencoba menggali soal-soal yang tadi sulit untuk dijawab.
Lantunan adzan sudah dikumandangkan, tanda sudah masuk waktu magrib. Kami segera mengambil wudu dan melaksanakan sholat berjamaah dengan jamaah yang ada. Langit sudah mulai berganti warna, semakin menjadi petanda buat kami untuk segera melepas hari ini yang kami isi penuh dengan perjuangan dan kebersamaan, semoga usaha hari ini adalah usaha yang akan menjadi kabar baik nantinya.
Sebentar keluar stasiun untuk mencari warung nasi. Disebrang jalan ada warung nasi yang kami tuju untuk makan malam. Warung nasi yang sedikit sempit mudah-mudahan tidak sesempit harapanku padanya. “hehehe”
Biklah, perut sudah terisi, langit juga sudah mulai pekat, sedah menegur kami untuk melepaskan hari ini yang akan menjadi cerita abadi. Aku segera mengantarkan Sari ke stasiun untuk melanjutkan arah pulangnya ke stasiun Bogor. Ketika di jalan hendak ke stasiun tiba-tiba ada seseorang yang memanggil “Fazri...” entah siapa itu. Selang tak jauh dari itu ada yang menepuk punggungku.
“Hey, dipanggil-panggil juga.” Walah ternyata lu Mad. Pas sekali kami bertemu dengan Ahmad. “Hupp... ya Allah sekenariomu sungguh menarik, terimakasih akhirnya engka pertemukan kami bertiga.” Kulihat Sari sedikit malu-malu, mungkin dia sedikit kaget kenapa bisa ketemu Ahamd di stasiun ? Karna takut kemalaman, akhirya Aku dan Ahmad sama-sama mengantar Sari ke Satasiun sebelum Aku dan Ahmad sama-sama pulang menuju kostan kami. 
“Sari sampe sini aja ya ? Hati-hati di jalannya.”
Sari : Iya ka gak papa, terimakasih banyak. Assalamu’alaikum ?
Aku & Ahmad : Wa’alaikum slam.
Sari sudah masuk ke stasiun, Aku dan Ahmad juga beranjak untuk pulang.
“Hidup ini adalah cerita, kehadirannya adalah warna yang menjadi pembeda dari setiap cerita. Hidup juga teka-teki, tidak setiap orang bisa menjawab dari teka –teki hidupnya. Ketika kita mengenal seseorang yang membuat nyaman tentu bukan jaminan untuk terus bersamanya, perlu ada usaha dari setiap apa yang ingin kita pertahankan, karena kenyamanan hanya akan menjadi sebuah cerita jika tidak saling jaga. Terimakasih untuk semuanya, kamu adalah ceritaku. Kini masing-masing dari kita punya “Rahasia Hati” yang bukan sekarang ini kita ungkapkan. Simpan nama yang sekarng ada dihati kamu, jaga itu baik-baik. Karena cinta bukan hanya anugrah melainkan juga amanah."

-SELESAI-


KAMU Adalah CERITA




Penulis   : Mita Oktaviani  (Mitasari)
               - Mahasiswa Univesitas Pakuan Bogor
               - Pengurus KMB Bogor Komisariat Univesitas Pakuan Bogor
               - 08561632863/54BDF822

Redaktur : Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Bogor :
                - Dasir Ibnu Asmad/Ketua Umum (085719169522/5430BB47)
               - Wakyudi, SP, M.Si/Ketua Bidang Kajian Strategis dan Advokasi (087773525980)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons